JIKA BERKUNJUNG ke pusat pelayanan kesehatan
masyarakat (puskesmas) terdekat, tentu ada
perbedaan alur
pelayanan yang harus diikuti, khususnya antara puskesmas
rawat jalan dan puskesmas rawat inap (perawatan). Perbedaan utama alur
pelayanan tergantung pada kasus yang bersifat darurat (emergency) seperti:
serangan penyakit akut, kecelakaan lalulintas. Kondisi seperti ini kemungkinan
tidak mengikuti alur baku, bisa langsung menuju ruang gawat darurat atau ruang
tindakan yang terdapat di puskesmas. Bila keadaannya normal dan wajar
saja, maka pada umumnya, pengunjung
puskesmas, harus mengikuti prosedur alur pelayanan standar
rawat jalan, seperti paparan ringkas berikut ini.
1. MENDAFTARKAN
IDENTITAS PASIEN DI RUANG LOKET/KARTU
Pengunjung harus
mendaftarkan diri di loket/kartu agar tercatat dalam kartu kunjungan pasien, dengan
2. MENUNGGU
GILIRAN PANGGILAN DI RUANG TUNGGU
Silakan menuju ruang
tunggu puskesmas, menanti giliran panggilan pelayanan yang diperlukan
3. MENUJU
RUANG PERIKSA PELAYANAN RAWAT JALAN
Setelah mendapatkan
giliran dipanggil oleh petugas, pasien diarahkan langsung menuju tempat pemeriksaan (poli umum, poli KIA - KB, Poli Imunisasi, Poli MTBS serta poli
gigi) sesuai keluhan yang dialaminya. Jika di perlukan pemeriksaan lanjutan
pasien akan di rujuk ke Poli Laborat.
4. MENGAMBIL
RESEP OBAT DI RUANG APOTEK
Pengunjung yang
mendapatkan resep obat, setelah diperiksa dokter, dimohon menunggu dengan
sabar, pelayanan obat yang bisa ditebus langsung di ruangan apotek puskesmas.
5. MENINGGALKAN
RUANGAN PUSKESMAS Para pengunjung mengecek
kembali perlengkapan yang dibawa dan diwajibkan selalu berpartisipasi aktif menjaga kebersihan dan keasrian ruangan
pelayanan dan halaman puskesmas
JANGKAUAN PELAYANAN puskesmas rawat jalan terbatas
kepada pelayanan medis sederhana, atau pelayanan kesehatan dasar (yankesdas).
Tahap penanganan kasus selanjutnya melalui mekanisme pelayanan rujukan menuju
pusat layanan lanjutan di Rumah Sakit Umum Daerah. Biasanya alur pelayanan
pasien terdapat dan terpasang juga di setiap unit ruangan puskesmas. Para
pengunjung bisa membaca dan menanyakan lebih lanjut kepada petugas puskesmas yang dikunjungi.
Pola alur pelayanan standar puskesmas rawat jalan ini, biasanya dikembangkan
sesuai dengan kondisi pelayanan setiap puskesmas, agar para pengunjung bisa
mendapatkan pelayanan yang terbaik
0 komentar:
Posting Komentar